Kamis, 10 Oktober 2013

Minyak Zaitun - Why i Love This Stuff SO MUCH?

Hari ini pengen ngebahas tentang salah satu minyak yang ga pernah aku lepas dari ritual sehari-hari.
Oke, aku mengenal yang namanya minyak zaitun pertama kalinya dari nenekku. Beliau menggunakan minyak zaitun di rambut dan di badan, alasannya sih biar hangat (maklum tinggal di daerah yang cuacanya lumayan menggigil). Dari jaman aku SD setiap aku dateng ke rumah nenek pasti diolesin minyak zaitun sebelum tidur ke seluruh tubuh. Sampai aku SMP, eh denger dari temen kalo minyak zaitun itu bagus buat kecantikan. Mulailah aku berkelana mencari info soal minyak satu ini. Aku juga mencari berbagai macam bentuk olahan minyak zaitun serta jenis-jenisnya. Ternyata berbagai jenis minyak zaitun ini memiliki kadar zaitun yang berbeda-beda. Klik :  Biar lebih jelas.

Aku pribadi sejak pertama mengenal minyak zaitun, selalu menggunakan merk al-amir yang kaya begini :

Source : Google
Tapi sejak tahun 2009 mulai beli merk lain, merk yang lebih gampang di cari di supermarket besar macam Carefour atau Hypermart. Ini yang aku stock di rumah sekarang :







Yang kiri merk Filippo Berio jenisnya Pure Olive Oil biasa aku pakai buat rambut.Harganya lebih murah sedikit daripada sebelah kanan yang jenisnya Extra Virgin, kebetulan aku beli merk Dougo untuk jenis yang ini. Semua harga minyak zaitun yang seperempat liter pasti harganya dibawah 50ribu. Dan itu cukup buat dipakai lebih dari 1 bulan (asal ga diminum). Seperti terlihat di foto, stock yang extra virgin uda tifiiiisss banget. Karena yang jenis ini paling sering aku pakai. Dari hasil pengalamanku sama minyak zaitun selama bertahun-tahun, merk ga pengaruh sama kualitas minyak-nya. Kalo buatku pribadi begitu sampai di rak "perminyakan" sebuah supermarket, aku cuman cari mana yang harganya paling murah :D tinggal liat-liat aja jenisnya dan menurutku yang paling serba guna cuman extra virgin.












Fungsi minyak ini buatku pribadi :
- Bersihin maskara terutama yang judulnya waterproof, YES, sounds LOL but it works, sometimes it hurt my eyes, berasa burem, tapi efek sementara kok kalo uda terbiasa sih engga lagi.
- bersihin eye liner terutama di waterline, kalo yang ini butuh cotton bud.
- campurin beberapa tetes ke body lotion, sabun mandi, shampoo, handcream.
- jadiin masker rambut sebelum keramas, tanpa menyentuh kulit kepala.
- olesin ke bulu mata dalam waktu beberapa bulan pasti bulu matanya jadi panjang, i tried this treatment and success.
- tetesin ke air hangat, buat ngerendem kaki, ntar jadi aluuusss kakinya
- diminum 1sdt pas kulit lagi kering+kasar (sebelum tidur)
- diminum 1sdm pas bangun tidur sebelum perut keisi apapun, fungsinya biar cepet ke toilet hehe.
- olesin ke seluruh tubuh kecuali muka setiap hari sebelum tidur, coba trik ini selama sebulan aja, dijamin kulit haluuuuuuuuusssssssss mulus.
- celupin ke roti atau crackers favorite trus dimakan deh yummyyyy bikin rasa rotinya lebih renyah.
- campurin 1sdm makan minyak zaitun sama 1sdm gula pasir dipakai buat scrub sebelom mandi. scrub ini juga aku pakai buat scrub bibir (kan kalo ketelen ga masalah hihihihi)
- olesin tipissss di bibir sebelom tidur, bisa mengurangi bibir pecah-pecah.


Yang perlu diperhatikan buat penggunaan minyak zaitun :
- jangan pakai di muka kalo muka kamu acne-prone atau sensitif karena minyak ini bukan tipikal yang mudah diserap kulit,ga semua orang cocok pakai minyak zaitun di muka (mereka yang cocok menggunakan minyak zaitun seperti memakai pelembab).
- jangan dipakai siang hari terutama kalo mau berpanas-panasan hadap matahari. Karena si minyak bikin tambah gosong kulit (hasil percobaanku dulu).
- jangan dioles di kulit yang baru di waxing atau dicukur bulunya, bakal bikin iritasi.
- kalau mau dipakai di rambut, inget jangan menyentuh kulit kepala karena bikin kulit kepala jadi berminyak.
- semua minyak zaitun yang aku gunakan selama ini adalah minyak zaitun yang biasa dikonsumsi atau dimasak, bukan minyak zaitun yang sudah ada campuran bahan lain. (carinya di deretan minyak goreng yah bukan di deretan rak produk kecantikan --> yang ini ga boleh diminum apalagi dimasak)
- di beberapa orang, penggunaan minyak zaitun bikin bulu halus di badan jadi melebat. Tapi ga semua orang loh, di aku pribadi engga pengaruh (THANKS GOD).


Hope this Help...
Gudluck buat yang mau mencoba ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...